Senin, 27 Mei 2013

Cerita Princess Yasmin




Yasmin adalah salah satu putri dari serial legenda Walt Disney yang terkenal. Kisah tentang Yasmin sendiri diambil dari cerita seribu satu malam (1001) dari timur tengah. Yaitu Aladin dan lampu wasiat. hmm, siapa yang tidak mengenal legenda yang tidak tersohor ini. Kisah cinta berbalut intrik dan juga magic yang kental. yang membuat menarik, magicnya benar-benar ala timur tengah, yaitu tentang jin (jinni di dunia barat). Aladin  adalah salah satu dari sekian kisah seribu satu malam yang mendebarkan dan penuh dengan imajinasi.

Kenalan dulu yuk dengan Putri Yasmin!!!Gadis cantik, anaknya sultan. Kecantikannya mempesona, bahkan menggoda iman si pencuri kecil, Aladin.
Alkisah, di zaman dahulu di sebuah negeri timur tengah, diantara gurun pasir yang tandus, berdiri sebuah kesultanan dengan masyarakat yang makmur. Kesultanan tersebut diperintah oleh seorang sultan yang memandang kekayaan dan kedudukan sebagai hal penting.

Ketika sang putri berjalan di kota. Semua orang dilarang untuk melihat rupanya. Seluruh menuruti perintah rasa, kecuali Aladin. Dia penasaran ingin tahu rupa wanita yang dibilang putri sang kaisar. Ketika dia melihat, Aladin terpesona. Yasmin demikian memesona, Aladin jatuh cinta 

Namun, kenekatan berbuah hukuman. Para pengawal sang putri langsung menangkap Aladin. Ketika dia akan dihukum, sang putri menghentikan hukuman dan mereka pun berlalu. Hati Aladin sudah tercuri oleh Yasmin.

Saat itu, seorang pria mendekati Aladin dan mengaku sebagai salah satu paman jauhnya. Mengajak Aladin untuk mengambil sesuatu yang bisa membuat dia menjadi kaya. Aladin menyetujui ajakan paman jauhnya tersebut karena di dalam kepalanya terbayang Yasmin dan kecantikannya. Aladin berkeinginan menjadi kaya karena ingin meminang Yasmin. Mereka pun mengembara sampai ujung pandang pasir.

Paman jauh Aldin menyuruh pemuda itu masuk ke dalam liang di padang pasir untuk mengambil sebuah lampu jelek dan lusuh. Aladin boleh mengambil seluruh harta yang dia temukan di dalam liang tersebut, tapi dia diharuskan untuk mengambil lampu jelek itu Aladin menuruti, dia masuk kedalam liang yang ternyata dalam sekali. Pemuda itu melihat banyak emas dan permata yang menyilaukan mata. Aladin pun mengambil sepenuh-penuh kantongnya untuk memuat emas dan permata tersebut. 

Di atas, si paman palsu menunggu dengan gelisah. Ketika Aladin sudah mencapai bawah liang dan berniat keluar. Yang pertama kali ditanyakan oleh paman palsu itu adalah lampu jelek dan kumal. Aladin memperhatikan lampu yang di dapetnya di ujung liang. Paman palsu tersebut kegirangan dan memerintahkan Aladin untuk menyerahkan lampunya. Pemuda miskin itu curiga, lantas meminta agar dirinya dinaikan lebih dahulu baru menyerahkan lampunya. Ternyata si paman palsu merasa marah. Kesal dan kemudian mengurung Aladin di dalam liang.

Setelah si paman palsu pergi. Aladin yang bedara dalam kegelapan menggosok lampu tua dan jelek yang berada di tangannya. Ajaib, sekeliling tempatnya penuh dengan gumpalan asap dan munculah sosok jin yang akan mengabulkan apapun keinginannya. Aladin tentu saja senang, maka keinginannya yang pertama adalah keluar dari liang di tengah padang pasir, dan keinginan Aladin berikutnya adalah bisa memenangkan sang putri Yasmin. 

Jin yang sudah punya kuasa luar biasa kemudian menjadikan Aladin seorang pangeran kaya raya. Memiliki empat puluh unta dan pelayan. Memiliki ribuan keping emas, dan berbagai intan mutiara. Kedatangan Aladin ke istana disambut sultan dengan meriah, bahkan lamarannya atas Yasmin pun langsung disetujui. Kemudian keduanya menikah.

Namun kisahnya tidak berakhir begitu saja. Yasmin yang sudah menjadi istri Aladin kemudian menemukan lampu jelek milik Aladin dan langsung melelangnya pada seorang pedagang yang ternyata paman palsu duhulu. Lampu isi jin pun berpindah tangan. Akibatnya kekayaan Aladin lenyap. Dia kembali miskin. Sedangkan Yasmin diculik oleh paman palsu berserta istana dan di jin. Aladin harus berusaha merebut kembali miliknya dan melawan si jin serta paman palsu.

Perjuangan Aladinuntuk kembali memdapatkan kekeyaan ini digambargan dengan adu kecerdikan melawan si paman palsu. Dalam berbagai versi, dibuat Aladin harus melawan si jin, yang awalnya menjadi temannya kemudian akhirnya menjadi musuhnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar